5 Penulis Ini Kaya dengan Menulis

Oleh: Nanda Ruli Maulidiyah (Staf Magang, Mahasiswi Sastra Inggris UNIPDU Jombang)

Bagi sebagian orang, berprofesi sebagai seorang penulis bukanlah pilihan. Alasan mereka beraneka ragam. Mulai dari menulis itu berat, takut dikira pengangguran, bahkan dikata tidak menjamin masa depan.

Menulis itu berat? Hmmm… tidak juga, kok! Tinggal kita saja yang harus melatihnya. Butuh latihan, kerja keras dan sungguh-sungguh. Kalau sudah terbiasa menulis pasti ada saja yang bisa ditulis. Eitz, jangan lupa juga untuk selalu membaca. Dengan membaca kita bisa meningkatkan kosakata. Nah, tidak susah kan menulis?

Takut dikira pengangguran. Alasan ini seharusnya tidak perlu ditakutkan. Ngapain juga takut, kan nyatanya kita bukan pengangguran? Memang kerja kita mungkin tidak terlihat oleh banyak orang. Kita bukan artis atau presenter yang bisa muncul setiap saat di layar kaca. Kita juga bukan seperti pegawai kantoran pada umumnya. Sudahlah… tidak usah dipikirkan!

Tidak menjamin masa depan. Kata siapa menulis tidak menjamin masa depan? Banyak kok penulis yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi dari goresan tinta mereka. Buktinya adalah 5 penulis berikut ini.

1. Tom Clancy

Thomas Leo “Tom” Clancy, Jr. lahir 12 April 1947. Ia merupakan penulis Amerika yang terkenal dengan penulisannya yang detail dalam penyamaran dan ilmu militer. Beberapa karyanya yang fenomenal dan populer adalah The Hunt For Red October, The Sum of All Fears, Rainbow Six dan Clear & Present Danger. Dari menulis, kekayaannya mencapai 300 juta dollar atau sekitar 3,9 trilyun rupiah. Wow!

2. James Brendan Patterson

James Brendan Patterson adalah penulis Amerika kelahiran 22 Maret 1947.  James Patterson merilis novel perdananya, The Thomas Berryman Number, pada tahun 1976. Walaupun Stephen King sempat menyebutnya sebagai penulis yang parah, namun tak sedikit pun menghalangi penjualan karyanya yang bahkan mencapai 300 juta kopi. Ia pun bisa meraup 310 juta dollar atau setara dengan 4,03 trilyun rupiah.

3. Danielle Fernandes Dominique Schuelein-Steel

Penulis Amerika yang lebih dikenal dengan Danielle Steel ini lahir pada 14 Agustus 1947. Ia adalah penulis beberapa novel popular dan berhasil terjual hingga lebih dari 800 juta kopi. Novel Danielle Steel yang dibuat menjadi miniseri dan berdurasi empat jam berjudul Jewels pada tahun 1992. Dari menulis, kekayaan Steel mencapai 375 juta dolar atau sekitar 4,875 trilyun rupiah.

4. Stephen King

Stephen Edwin King  lahir di Portland, Maine, Amerika pada tanggal 21 September 1947. Ia adalah seorang penulis kontemporer Amerika Serikat. Umumnya, novel-novel karangannya bergenre horor, fantasi dan fiksi ilmiah yang terjual lebih dari 350 juta eksemplar di seluruh dunia. Beberapa karyanya yang terkenal berjudul Carrie, The Shining, Salem’s Lot dan Pet Sematary.  Ia pun berhasil menggenggam sebanyak 400 juta dolar atau sekitar 5,2 trilyun rupiah.

5. J.K. Rowling

Siapa yang tak kenal dengan penulis yang satu ini? Joanne Kathleen Rowling lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris, 31 Juli 1965. Tahun 1999 tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar New York Times Best-Seller. Ia pun menjadi sorotan internasional. Karya perdananya berjudul Harry Potter and the Philosopher’s Stone dan terbit pada tahun 1997. Kini, ia pun jadi sosok penulis paling sukses dengan kekayaan yang mencapai 1 milyar dolar atau setara dengan 13 trilyun rupiah.

Nah, bagaimana, masih ragu berprofesi jadi penulis? Semua penulis berpeluang untuk sukses asal berusaha, kerja keras, sungguh-sungguh dan berdoa.

Selamat menulis!

Share This: