IWEC Cabang Jakarta Selatan Sudah Dibuka! Seperti Apa Keseruan di Hari Pembukaan Praresminya?

Hari Minggu, 2 April 2017, IWEC mengadakan pembukaan praresmi (soft launching) di Rimba Baca. Lokasinya di Jl. RSPP No. 21 B Cilandak, Jakarta Selatan. Acara ini diadakan dalam dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 10.30 – 12.00 WIB yang dilanjutkan dengan sesi kedua pada pukul 13.30 – 15.30 WIB. 

Sejak pagi, satu persatu orangtua bersama anak-anak mereka tiba di Rimba Baca. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan yang sudah IWEC siapkan, yakni mewarnai dan membuat komik strip empat panel. Masing-masing aktivitas tersebut, jika sudah selesai, harus diceritakan di depan peserta cilik lainnya. Tentu saja, jika dilakukan secara serius dan kontinyu, aktivitas ini tidak sekadar melatih motorik halus mereka dalam menggambar dan menulis, tetapi juga mengasah imajinasi, kreativitas, kecakapan berkomunikasi, juga keberanian mereka untuk unjuk karya di depan khalayak.

Maylia Erna Sutarto, CEO IWEC, hadir langsung di acara pembukaan praresmi ini. Beliau terbang langsung dari Surabaya untuk menyapa para orangtua dan adik-adik yang ada di sana. 

Seperti apa suasana pembukaan praresmi IWEC Cabang Jakarta Selatan? Yuk, simak foto-foto berikut ini.


Para pengajar IWEC Cabang Jakarta Selatan, baik pengajar menulis maupun komik, aktif mendampingi anak-anak. Suasana Rimba Baca yang lapang dengan lantai parket kayu dan dikeliling oleh rak-rak buku yang menjulang tinggi, membuat siapa saja jadi nyaman dan betah. 

Kak Dita, salah satu pengajar menulis, ikut membantu anak-anak mewarnai gambar hitam putih yang telah disediakan. Oh iya, gambar-gambar tersebut merupakan ilustrasi dalam buku The Adventures of a Dragon and Fantastic Trees lho! Keren, kan? Nanti, anak-anak yang ikut kelas menulis selama 18 bulan akan menghasilkan buku antologi cerita pendek. Nah, masing-masing cerpen tersebut akan dibuatkan ilustrasinya oleh para ilustrator yang berpengalaman. Seru! 

Adik-adik perempuan ini rupanya sedang membuat komik strip empat panel. Selain membuat kotak-kotak sejumlah empat, mereka juga harus memikirkan untuk bikin tokoh, adegan, setting, dialog, juga narasi lho. Cukup kompleks memang. Kemampuan visual spasial juga linguistik mereka benar-benar ditantang. Jika putra-putri Anda suka corat-coret di buku, sofa, lantai, atau dinding rumah, mengapa tidak diarahkan saja untuk ikut kelas komik? Siapa tahu mereka akan menjadi desainer, komikus, atau animator kondang Indonesia di masa mendatang. Kalau tidak disiapkan dari sekarang, kapan lagi? 

Kak Pam Pam, pengajar komik, aktif menemani anak-anak cerdas Indonesia ini untuk membuat cerita komik strip mereka. Alur pembuatan komik strip dijelaskan terlebih dahulu, barulah anak-anak ini mulai menumpahkan imajinasi dan kreativitas di atas kertas. Hasilnya? Menakjubkan! Anak-anak sesungguhnya memiliki bakat jadi pencerita yang hebat. Berikan wadah yang tepat. Rawat bakat dan minat mereka. Kelak mereka akan jadi pencerita ulung yang mampu menghipnotis dunia dengan karya-karya brilian mereka. 

Para orangtua turut hadir menyimak video dan foto-foto aktivitas IWEC yang dibawakan oleh Maylia Erna Sutarto. Interaksi yang hangat pun dilakukan. Mereka aktif bertanya mengenai program menulis dan program komik IWEC. Jika selama ini buah hati mereka sudah akrab dan lekat dengan buku bacaan, bukankah tinggal diarahkan untuk mengeluarkan gagasan-gagasan emas itu lewat tulisan atau gambar komik? 

Bagi Anda, para orangtua di kisaran Jakarta Selatan yang hendak mengoptimalkan minat dan bakat putra-putri Anda di bidang linguistik dan visual spasial, jangan ragu lagi untuk mengikutkan mereka dalam kelas menulis dan atau kelas komik IWEC. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas menulis dan kelas komik IWEC Cabang Jakarta Selatan, hubungi

Telepon :  0811843814 (Maya) / 085755827627 (Cahya)
E-mail:      iwecjakarta@gmail.com

Share This: