Mengamati Matahari dalam Agenda “Iwec Workshop Astronomi”

           Minggu, 24 November 2019, IWEC Surabaya kembali mengadakan agenda workshop bertemakan Dunia Astronomi. Bersama teman-teman dari SAC (Surabaya Astronomi Club,) adik-adik peserta workshop diajak untuk mengenal lebih dekat dunia luar angkasa yang selama ini hanya mereka kenal lewat film atau buku-buku pengetahuan. Adanya kegiatan ini semakin membuka pengetahuan betapa luasnya tata surya kita yang di dalamnya mengapung jutaan benda angkasa, bergerak sesuai garis orbit. Juga tentang jutaan bintang di langit malam yang sesungguhnya adalah matahari yang jaraknya lebih jauh dari matahari yang selama ini menyinari bumi tercinta.

Selesai membahas materi, adik-adik peserta workshop diajak untuk mengamati matahari secara langsung dengan menggunakan kacamata matahari dan teleskop. Jika selama ini mereka hanya mengetahui rupa matahari lewat gambar, maka hari Minggu kemarin merupakan pengalaman pertama bagi mereka melihat matahari secara langsung. Sengatan terik matahari siang tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengamati matahari. Adik-adik tetap antusias bergiliran melihat matahari dari balik teropong. Melihat kenampakan matahari secara lebih jelas lagi.

Kegiatan yang berlangsung di Gerha IWEC Surabaya ini tidak behenti sampai di situ. Selepas mengamati matahari, adik-adik diajak untuk menuangkan visualisasi luar angkasa menurut imajinasi mereka ke dalam bentuk gambar dan cerita mini serta mempersentasikaan karya mereka dihadapan teman-temannya.

Kegiatan kecil ini diharapkan mampu membangkitkan semangat adik-adik untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang dunia astronomi. Semangat berkarya!

Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan seru IWEC lainnya

 

Share This: