Menulis Crime Fiction – Belajar Langsung dari Ahlinya

Liburan akhir tahun, selalu jadi momentum yang paling ditunggu-tunggu. Mengunjungi tempat-tempat wisata selalu jadi pilihan paling menarik. Namun berbeda dengan konsep program liburan yang di usung IWEC di penghujung tahun 2019. Program liburan yang berlangsung selama tiga hari, mulai hari sabtu (21/12/2019) hingga hari senin (23/12/2019) ini justru mengajak para peserta mengunjungi tempat yang tidak biasa, yakni Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya.

Sesuai dengan tema kegiatan, Detective Kids, Makes an Anthology Crime Fiction. Kegiatan ini dikhususkan bai anak-anak dan remaja yang ingin mendalami dunia Crime Fiction. Dikemas selama tiga hari, para peserta mendapatkan materi seputar proses kepenulisan Crime Fiction, belajar secara langsung dari penyidik dalam memecahkan sebuah kasus, dan menulis cerita mini yang dibukukan.

Selama berkunjung ke Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, para peserta diberi arahan secara langsung oleh tim penyidik Kasat Reskrim Surabaya yang bertugas melakukan penyelidikan dan penyidikan suatu tindak pidana. Kegiatan kunjungan ini memberikan wawasan baru bagi mereka tentang bagaimana seorang penyidik bekerja dalam memecahkan sebuah kasus. Keseruan kunjungan tidak berhenti sampai di situ saja. Sembari mendengarkan proses penyidikan, mereka juga diajak berkeliling ke Museum Polrestabes Surabaya. Ada banyak hal yang mereka lihat dan pelajari di sana, salah satunya bukti kongkrit berupa foto-foto kasus yang pernah diselesaikan oleh tim penyidik kepolisian.

Selepas mengisi teko pengetahuan seputar kasus-kasus dan proses penyidikannya di hari kedua kegiatan, selanjutnya di hari ketiga, para peserta langsung menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama mengikuti Holiday Program di hari pertama dan kedua dalam bentuk cerpen.

Menurut salah satu peserta, kegiatan yang ia ikuti selama tiga hari berturut-turut ini benar-benar menyenangkan, selain itu ia mendapatkan wawasan lebih mengenai proses penyidikan kasus langsung dari ahlinya.

Dari beberapa cerita yang ada, terpilih satu cerita terbaik yang bisa kalian baca dan nikmati, klik di link di bawah ini ya…

JOHN JENKY

 

Share This: