Tulisan Macet Bikin Stres, Ini Solusinya!

Credit Picture by Pixabay
Image by Lukas Bieri from Pixabay

Oleh: Uswatun Hasanah (Staf Pengajar Kelas Menulis IWEC)

“Kak, aku kepengen nulis, tapi nggak tahu gimana caranya, ideku selalu macet di tengah jalan.”

Pernahkah kamu saat menulis tiba-tiba kehabisan ide di tengah-tengah cerita? 

Jika iya, kamu bukan satu-satunya orang yang mengalaminya. Dan bukan berarti kamu adalah penulis yang payah. Writer’s block atau buntu ide bisa terjadi kepada siapa saja. Banyak penulis mengalaminya, mulai dari pemula sampai profesional, bahkan penulis sekelas JK Rowling pun mengaku mengalaminya saat menulis buku Harry Potter and the Chamber of Secret.

Jika sudah mengalami yang namanya writer’s block, kamu bisa menghabiskan waktu lama memandang layar kosong tanpa mengetik satu huruf pun. Rasanya seperti waktumu terbuang percuma di depan komputer.  

Image by Steve Johnson from Pixabay

Writer’s block adalah musuh setiap penulis. Jika kamu terlanjur mengalaminya, tenang, jangan panik. Yang perlu kamu lakukan adalah:

STOP, BERISTIRAHATLAH!

Jika writer’s block sudah menyerang, ada baiknya kamu berhenti menulis sejenak. Istirahatkan pikiranmu. Terlalu lama di depan komputer akan membuat otakmu lelah. Jika kamu tetap memaksa untuk menulis, percayalah tulisan yang kamu hasilkan akan menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Bagaimanapun juga, kamu tidak akan bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas jika pikiranmu dipaksa untuk menanggung beban yang berlebihan. Segarkan pikiranmu dengan beristirahat. Mungkin ini terdengar sepele, tapi cukup berdampak.

Jalan-jalan

Tidak ada salahnya sesekali jalan-jalan. Cobalah keluar, hirup udara segar. Lupakan sejenak aktivitas menulis dan lakukan kegiatan lain yang menyenangkan. Ada banyak hal yang bisa kita lihat dan lakukan di tempat-tempat baru. Tenang! jalan-jalan tidak harus ke luar kota yang membutuhkan budget besar. Cobalah cari destinasi terdekat yang ada di sekitar daerah tempat tinggalmu. Manfaatkanlah waktu liburanmu untuk menghilangkan kepenatan. Jangan lupa untuk mencatat hal-hal menarik yang kamu temui!

Membaca

Buntunya ide menulis juga bisa disebabkan karena kurangnya informasi mengenai topik yang sedang kita tulis. Kamu perlu menggali informasi sebanyak-banyaknya agar dapat membantumu menemukan ide-ide baru, dan membaca adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan. Membaca tulisan orang lain bisa menyuplai sumber inspirasi berharga. 

Ciptakan Tempat Menulis yang Nyaman

Ruang tempat menulis sangat mempengaruhi lahirnya kreatifitas dan produktifitas seorang penulis. Jika merasa bosan dengan suasana yang ada di dalam rumah, cobalah untuk pergi ke café atau tempat-tempat nongkrong yang asik. Saat ini ada banyak café yang memiliki konsep unik yang layak untuk dikunjungi sekadar untuk memesan kopi dan duduk menulis dengan nyaman.

Berdiskusi

Diskusi dengan orang lain mengenai topik yang serupa akan sangat berguna untuk mengembangkan tulisan kamu. Rasanya pasti menyenangkan duduk bersama teman, sembari menyeruput secangkir kopi, dan mendiskusikan berbagai hal. Setiap orang pasti memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai suatu topik, hal ini akan menjadikan kita memiliki gambaran yang lebih luas tentang topik tersebut. 

Writer’s block sebenarnya bukan masalah besar yang harus kamu takuti. Kamu hanya perlu cara untuk mengatasinya. Beranikan diri untuk melawan. Menulis memang bukan hal mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang. Tanpa kedisiplinan diri yang baik, mustahil untuk menyelesaikan naskah yang terlanjur dimulai. Jangan biarkan Writer’s block membuatmu menyerah dengan diri sendiri dan tulisanmu. Jangan Patah Semangat Ya!

Share This: