Outing Class Edisi 31 Maret 2019

Minggu, 31 Maret 2019, langit cerah kota Pahlawan menambah semangat dan keceriaan siswa-siswi IWEC Surabaya dalam kegiatan Outing Class di kebun bibit Wonorejo, Surabaya. Outing Class merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran di IWEC yang di peruntukkan bagi siswa/siswi baik di kelas menulis maupun kelas komik pada level Mover dan level Writer. Kegiatan yang rutin diadakan pada setiap akhir level ini bertujuan untuk membuat para siswa/siswi di sekolah menulis IWEC untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kekompakan dalam team (team building) dan kebersamaan antar siswa.

Kegiatan Ouiting Class ini sengaja kami mulai cukup pagi, sekitar pukul setengah delapan, karena suasana pagi yang masih sejuk akan membuat anak-anak nyaman berkegiatan di alam terbuka. Kegiatan dimulai dengan pengenalan diri. Sesi ini di fokuskan untuk mengajarkan anak bagaimana melatih sosialisasi sehingga akan menumbuhkan semangat dan mendorong mereka aktif dalam kegiatan bermasyarakat .

Kegiatan Ouiting Class diisi dengan beberapa games, dan hampir keseluruhannya merupakan games berkelompok. Salah satunya adalah games tebak tulis tangan, dimana anak-anak berbaris sesuai kelompok masing-masing, kemudian ketua kelompok yang berdiri di barisan paling depan maju untuk memilih salah satu nama hewan yang selanjutnya harus disampaikan kepada anggota lain di belakangnya dengan cara ditulis di telapak tangan, kemdudian anggota kelompok yang berdiri di barisan paling belakang harus menebak nama hewannya. Yang membuat permainan ini lebih seru adalah, mereka dilarang berkomunikasi dalam bentuk apapun. Kelompok yang berhasil menebak nama hewan dengan durasi waktu paling cepat keluar sebagai pemenangnya.

Dalam kegiatan ini, kami sengaja memilih permainan yang sebagian besar berkelompok. Hal ini ditujukan untuk menumbuhkan kemampuan mereka dalam beradaptasi dan bekerjasama dengan orang lain. Meski awalnya mereka masih malu-malu dengan teman satu kelompoknya, namun seiring berjalannya permainan, keakraban mencair dengan sendirinya. Antusiasme anak-anak begitu besar selama kegiatan. Sepanjang permainan tawa renyah hampir tak pernah sepi menghiasi kegiatan ini.
Pendidikan luar kelas tidak hanya sekedar memindahkan pelajaran ke luar kelas, tetapi dilakukan dengan mengajak siswa menyatu dengan alam dan melakukan beberapa aktivitas yang mengarah pada terwujudnya perubahan perilaku siswa terhadap lingkungan melalui tahap-tahap penyadaran, pengertian, perhatian, tanggungjawab dan aksi atau tingkah laku. Hal inilah yang coba kami terapkan kepada anak-anak selama kegiatan.

Di penghujung kegiatan, kegiatan ditutup dengan penganugerahan kelompok terbaik dan penyerahan hadiah. Hadiah yang kami pilih adalah snack berukuran cukup besar yang bisa dimakan bersama anggota kelompoknya. Semua kegiatan dalam Outing Class ini disusun untuk menumbuhkan jiwa sosialisasi antar siswa.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk lebih aktif berinterksi dengan dunia luar, menambah pengetahuan dan kecintaan terhadap alam sekitar, mengurangi kejenuhan dalam belajar sehingga mudah menerima informasi, menambah kepedulian tentang alam sekitar, merangsang kreativitas serta meningkatkan motivasi belajar.

Sampai jumpa di agenda IWEC berikutnya…
Salam literasi anak

Share This: